Selasa, 30 Januari 2007

AL-HIKAM Bab I

  Hidup akan di liputi kegamangan bila kita tidak tau apa tujuan hidup kita. dalam blog ini saya mengajak ikhwan n akhwat untuk menyelami hikmah-hikmah dari sang guru besar (Ibnu Athaillah) dalam kitabnya Al-Hikam......!!!








*Berserah Pada Takdir Dan Anugrah*


"Termasuk tanda pengandalan pada amal ialah berkurangnya harapan ketika ada kesalahan"


Penjelasan:
Tidaklah muda melepaskan diri dari keterikatan hati pada apa yang kita kerjakan. kita bahkan sering memenuhi pikiran dan perasaan kita dengannya. bukan hanya saat mengerjakan tapi terlebih sesudahnya. tentu ini karena kita ingin sempurna melewati semua proses kerja(amal) hingga akhir. Akhirnya, tanpa kita sadari, kita lupa menempatkan Allah dalam perbuatan dan tindakan kita (Q.53:24-25). padahal kita mestinya "MELIBATKAN"- Nya sejak awal agar apapun hasilnya tidak mengubah kedudukan kita di sisi-Nya. maka bekerja keraslah sembari beribadah. beribadalah dengan benar dan ikhlas maka bekerjapun menjadi lepas. Bila tergoda senantiasalah luruskan niat.


"Keinginanmu untuk melulu beribadah padahal Allah masih menempatkanmu pada posisi harus             berusaha (mencari nafkah) termasuk syahwat yang samar. sebaliknya, keinginanmu untuk   berusaha padahal Allah telah menempatkanmu pada posisi melulu beribadah merupakan bentuk penurunan semangat dari tekad yang tinggi"


Penjelasan:
Allah telah menentukan peran unik untuk kita dalam hidup. dengan hiasan karakter dasar yang mengiringinya. untuk yang satu ini kita sebaiknya bersikap menerima (Q. 28:68). Tentu tidaklah muda untuk belajar menjalani "peran bawaan" ini_menjadi "khalifa di bumi" dalam bagiannya masing-masing. karena itu kita mesti menerima dengan wajar perbedaan peran satu sama lain. biarkanlah ada di antara kita yang "memperkenalkan" diri kepada khalayak ramai untuk membawa mereka kepada kesejahteraan hidup. biarkan juga diantara kita yang tetap "tersembunyi" untuk menjaga keseimbangan hidup. Dalam bahasa awam kita boleh beraktivitas di dunia formal atau informal sepanjang tidak melupakan keterkaitan kita dengan Allah. Dengan begitu kita lebih mudah menerima "kenyataan" bersama-Nya.


"Istirahatkanlah dirimu dari ikut mengatur [urusanmu].sebab apa yang telah diurus untukmu oleh selainmu tak perlu lagi kau turut mengurusnya"


Penjelasan:
Ini kebiasaan manusia pada umumnya. meskipun sudah "mewakilkan" urusan kita pada orang lain, kita terus mencampuri dan melibatkan diri. inilah yang menyebabkan kita selalu kelelahan dalam hidup ini. sebab, kita tidak pernah istirahat dari hal-hal yang sesungguhnya sudah di urus orang lain. begitupun kita sangat sering "meragukan" kekuasaan Allah atas apa yang sesungguhnya telah diurus oleh-Nya (Q. 65:3). karena itu, alih-alih kita damai menjalankan hidup ini, kita malah makin tertekan.


"Kesungguhanmu meraih apa yang telah dijamin untukmu dan kelalaianmu mengerjakan apa yang dituntut darimu merupakan bukti padamnya mata hati"


Penjelasan:
Hidup orang beriman mengalir bersamanya (Q. 16:99). Karena dilah Zat yang maha pemberi. jadi, tidak sepantasnya kita jalani hidup dengan penuh ketegangan. sebab ketegangan dan rasa tertekan itulah yang sering menjadikan  kita mengejar kebutuhan duniawi dan melupakan kepentingan ukhrawi. kita ibarat orang yang berjuang menggapai kebahagiaan "sesaat" untuk penderitaan "seabad". kita membutakan diri dari penghambaan kepada-Nya dan jatuh pada penghambaan pada dunia.


"Tertundanya pemberian setelah engkau mengulang-ulang permintaan. janganlah membuatmu berpatah harapan. Allah menjamin pengabulan doa sesuai dengan apa yang Dia pilih buatmu,bukan menurut apa yang engkau pilih sendiri, dan pada saat yang dia kehendaki, bukan pada waktu yang engkau ingini"


Penjelasan:
Allah-Lah yang paling tahu keadaan dan keinginan kita. bahkan, bahkan saat kita sendiri bingung dengan keadaan yang meliputi kita dan banyaknya keinginan yang menggangu pikiran kita. kita saja yang sering kali tidak sabar pada ketentuannya. atau abai terhadap setiap "tanda" pengabulannya. permintaan kita berubah-ubah tidak Istiqamah. tetapi pengabulannya kita "tuntut" tunai. doa kita perlakukan seperti garansi tanpa batas. padahal berulangnya doa tak berarti berturut-turutnya pengabulan. Allah Maha Mengetahui kebutuhan kita. Berserahlah............


Jazzakumullah,, semoga bermanfaat.
(Insya Allah Bersambung pada Al-Hikam Bab II)


kumpulanmotivasiterbaik.blogspot.com

Label

4 month with u Android Aneka kue Anniversary Quotes antariksa Apple artikel Artikel Umum asal astrologi bahasa inggris bayi Beauty Quotes Beginning Quotes Belief Quotes berita Best Friend Quotes Birthday Quotes Birthday Sayings biru BlackBerry blog tutorial buku Business Quotes Catatan cerpen Change Quotes cinta cirahan hati Clever Quotes Cool Quotes Crush Quotes curahan hati Cute Dating Quotes download Dream Quotes dunia dunia perempuan Education Quotes Entertainment Environment Quotes Environmental Quotes Equality Quotes Experience Quotes Facebook Status Failure Quotes Faith Quotes fakta family Family Quotes fenome fenomena film Flirting Quotes Forgiveness Quotes fotography Free Software Friendship Quotes funny Funny Quotes gadget gak penting gambar unik games Giving Quotes Good Evening Quotes Goodbye Quotes Gossip Government Quotes Handphone Health Health Quotes Heartbreak Quotes hewan holywood Home Quotes Hope Quotes Hot News HP Humor Quotes Ibadah indonesia info Info Bandung info.unik inspirasi Inspirational Quotes internet iseng islam Jealousy Quotes Kata Kata Lucu Kata Mutiara Kata Ucapan keindahan dunia Kekejaman manusia kenzt Kesehatan Kisah Sejati Latin Quotes Leadership Quotes Legenda Life Quotes Liga Champion Loneliness Quotes Love Quotes Lovely Lucu Makanan makhluk asing Management Quotes masakan indonesia Mistake Quotes misteri Mother Quotes Motivational Quotes MotoGP Movie Movies Quotes Moving Quotes Multimedia Music Quotes Musik muslimah Nature Quotes Patriotism Quotes Peace Quotes pendidikan pengetahuan Performance Quotes persahabatan Personal Quotes Positive Quotes psikologi Puisi Quotes About Happiness Quotes and Sayings Quotes SMS Quotes Technology realita remaja Renungan resep masakan rremaja Rumi Quotes Sad Quotes sadis sains sejarah seks selebritis Smile Quotes Space and Astronomy Spring Quotes Success Quotes T-Shirt Quotes Tanaman Obat Telkomsel Thank You Quotes Thoughtful Quotes Time Quotes tips Tips and Tricks Tips and Trik Trik Truth quotes Tutorial Adobe Photoshop ufo unik Valentines Day Quotes virus Wedding Quotes windows Wise Quotes