Rabu, 31 Januari 2007

Saatnya Introspeksi Diri

Saat ini kita berada di penghujung tahun Masehi  dan awal tahun Hijriah. Kondisi ini sangatlah cocok sebagai momentum introspeksi diri (muhasabah). Tujuannya, untuk mengukur seberapa sukses karya yang telah kita lakukan selama satu tahun ke belakang. Apakah kinerja kita menuju kemajuan atau malah sebaliknya menuju kemunduran. Berdasarkan evaluasi ini, kita tentukan langkah apa yang akan diperbuat di masa mendatang, baik dalam jangka tahunan, bulanan, mingguan, atau harian.
Al-Quran telah memberikan sinyal tentang pentingnya proses introspeksi ini, sebagaimana tersurat dalam QS Al-Hasyr 18-19;
Wahai orang-orang yang beriman. bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan…..”
Proses evaluasi dan perencanaan berdasarkan ayat ini, bukanlah untuk kehidupan dunia semata, melainkan juga kehidupan akhirat. Setiap saat seyogyanya kita melihat amalan apa yang pernah dilakukan sebagai bekal di akhirat kelak.
Orang yang cerdas adalah orang yang mempu menahan jiwa dari berbuat maksiat dan pekerjaan yang tidak bermanfaat. Sebaliknya, orang yang lemah adalah mereka yang selalu mengikuti bisikan hawa nafsu, senantiasa berangan-angan namun tidak dipraktekkan. Perbedaan sukses dan tidaknya seseorang, terletak seberapa mampu ia menahan hawa nafsu.
Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang islam. Orang kafir sekalipun, manakala ia mampu mengekang jiwa meraka maka ia akan menggapai puncak karir di dunia. Dalam QS As-sajdah 24, Alloh menerangkan bahwa nabi Bani Israil telah menjadi pemimpin umat, ketika mereka sabar dan tabah terhadap ujian serta yakin terhadap ayat-ayat Alloh.
“Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami. (QS: As Sajdah:24)”
Untuk itu, marilah kita menjadi garda terdepan untuk meraih kesuksesan. Berapa banyak karya yang telah dihasilkan bagi umat selama umur kita. Seberapa banyak amalan yang telah dilakukan dengan penuh keikhlasan. Mari bersegera menggapai ampunan sebelum terlambat.
Umar bin Al Khattab berkata : “hisablah dirimu sebelum dihisab, dan timbanglah sebelum ia ditimbang, bila itu lebih mudah bagi kalian dihari hisab kelak untuk menghisab dirimu dihari ini, dan berhiaslah kalian untuk pertemuan akbar, pada saat amalan dipamerkan dan tidak sedikitpun yang dapat tersembunyii dari kalian”
Ada 3 jenis proses introspeksi (Muhasabah) yang bisa kita jadikan acuan yakni,
  1. Muhasabah sebelum beramal. Maksudnya, apakah amalan yang akan dikerjakan sesuai dengan tuntunan rosul atau tidak, apakah sudah diniatkan karena Alloh atau bukan. Jika sudah teruskan, jika TIDAK urungkan.
  2. Muhasabah ketika sedang beramal. Maksudnya, apakah jalan yang sedang dilalui sudah benar atau belum untuk mencapai tujuan. Jika benar lanjutkan, dan jika salah luruskan lagi (belok) sebelum tersesat jauh.
  3. Muhasabah setelah beramal. Maksudnya, apakah amal yang sudah dikerjakan bermanfaat bagi umat atau tidak?. Jika tidak cari amalan lain, jika ya dan banyak pertahankan, jika ya dan sedikit, tambahlah amalan itu.
<Dikutip dari khutbah Jum’at, 17 Desember 2010, Mesjid Toyota Astra Motor>


kumpulanmotivasiterbaik.blogspot.com

Label

4 month with u Android Aneka kue Anniversary Quotes antariksa Apple artikel Artikel Umum asal astrologi bahasa inggris bayi Beauty Quotes Beginning Quotes Belief Quotes berita Best Friend Quotes Birthday Quotes Birthday Sayings biru BlackBerry blog tutorial buku Business Quotes Catatan cerpen Change Quotes cinta cirahan hati Clever Quotes Cool Quotes Crush Quotes curahan hati Cute Dating Quotes download Dream Quotes dunia dunia perempuan Education Quotes Entertainment Environment Quotes Environmental Quotes Equality Quotes Experience Quotes Facebook Status Failure Quotes Faith Quotes fakta family Family Quotes fenome fenomena film Flirting Quotes Forgiveness Quotes fotography Free Software Friendship Quotes funny Funny Quotes gadget gak penting gambar unik games Giving Quotes Good Evening Quotes Goodbye Quotes Gossip Government Quotes Handphone Health Health Quotes Heartbreak Quotes hewan holywood Home Quotes Hope Quotes Hot News HP Humor Quotes Ibadah indonesia info Info Bandung info.unik inspirasi Inspirational Quotes internet iseng islam Jealousy Quotes Kata Kata Lucu Kata Mutiara Kata Ucapan keindahan dunia Kekejaman manusia kenzt Kesehatan Kisah Sejati Latin Quotes Leadership Quotes Legenda Life Quotes Liga Champion Loneliness Quotes Love Quotes Lovely Lucu Makanan makhluk asing Management Quotes masakan indonesia Mistake Quotes misteri Mother Quotes Motivational Quotes MotoGP Movie Movies Quotes Moving Quotes Multimedia Music Quotes Musik muslimah Nature Quotes Patriotism Quotes Peace Quotes pendidikan pengetahuan Performance Quotes persahabatan Personal Quotes Positive Quotes psikologi Puisi Quotes About Happiness Quotes and Sayings Quotes SMS Quotes Technology realita remaja Renungan resep masakan rremaja Rumi Quotes Sad Quotes sadis sains sejarah seks selebritis Smile Quotes Space and Astronomy Spring Quotes Success Quotes T-Shirt Quotes Tanaman Obat Telkomsel Thank You Quotes Thoughtful Quotes Time Quotes tips Tips and Tricks Tips and Trik Trik Truth quotes Tutorial Adobe Photoshop ufo unik Valentines Day Quotes virus Wedding Quotes windows Wise Quotes