Selasa, 02 Januari 2007

Selamat Jalan Ibu MENKES

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1844358.jpg


Endang Sedyaningsih mungkin tak pernah mengira dirinya akan menduduki jabatan penting di negeri berpenduduk 243 juta jiwa ini. Berawal dari karirnya sebagai dokter, lalu menjadi ilmuwan yang meneliti kesehatan masyarakat tapi nasib membawanya menduduki jabatan Menteri Kesehatan hingga akhir hayatnya.

Memang Menkes Endang sudah mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Kesehatan dengan alasan sakit kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 April 2012. Namun karena belum ada serah terima jabatan, Menkes Endang secara definitif belum mengakhiri jabatannya.

Enam hari setelah menyatakan mundur dari jabatannya, Menkes Endang tutup usia pada Rabu 2 Mei 2012 pukul 11.41 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Menkes Endang hanya mampu bertahan 1,5 tahun melawan kanker parunya, yang makin lama justru kian parah. Semula hanya dideteksi stadium 3, tapi terakhir kanker parunya naik menjadi stadium 4 dan dokter yang merawatnya pun sulit menjanjikan kesembuhan.

Menkes Endang adalah sosok yang pembawaannya tenang, ramah, suka tersenyum dan punya kemampuan menjelaskan sesuatu dengan jelas.

Ketenangannya yang luar biasa menghadapi masalah memang patut diacungi jempol. Ia tenang saat namanya dipertanyakan banyak pihak kala ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Bersatu II ( (2009-2014) menggantikan Siti Fadilah Supari.

Begitu pula ketika divonis terkena penyakit kanker paru stadium 3 pada Oktober 2010. Dengan tenang, Menkes Endang pun pernah berujar, "Kalau saya diberi kanker, why not? Ini salah satu anugerah yang lain dari Allah".

Karirnya di bidang penelitian sempat cemerlang setelah ditunjuk mantan Menkes Siti Fadilah Supari menjadi Kepala Puslitbang Biomedis dan Farmasi pada 26 Januari 2007 setelah sebelumnya hanya menjadi Peneliti Madya.

Tapi oleh Siti Fadilah Supari juga, jabatannya sebagai Kepala Puslitbang Biomedis dan Farmasi dicopot dan ia turun lagi menjadi peneliti Madya pada 24 Juli 2008. Tapi akhirnya naik lagi menjadi Peneliti Utama pada Puslitbang Biro Medis dan Farmasi pada 1 Agustus 2008.

Dan yang lebih mengagetkan dirinya dan juga mungkin beberapa pihak lain adalah saat dirinya yang hanya menjabat Peneliti Utama ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu II ( (2009-2014) menggantikan mantan bosnya Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp. JP (K) pada 22 Oktober 2009.

Tapi dokter yang ahli di bidang kesehatan masyarakat ini mampu menunjukkan ke publik bahwa ia memang pantas menjadi Menteri Kesahatan. Hanya dalam hitungan singkat selama 2,5 tahun masa jabatannya ia sudah mempunyai banyak karya.

Beberapa karya monumentalnya adalah seperti mewajibkan pemberian ASI eksklusif yang dikuatkan dalam Peraturan Pemerintah, melarang iklan dan tenaga medis menyebarkan pemberian susu formula, mewajibkan perkantoran untuk membuat ruang menyusui.


http://i.okezone.com/content/2012/03/26/436/599898/cAFITz7Xc2.jpg


Endang juga menggolkan Jampersal (jaminan persalinan) yang membuat ibu melahirkan dari keluarga tak mampu bisa bersalin gratis dengan imbalan mau ikut KB.

Endang juga fokus pada masalah penyakit flu burung yang sewaktu-waktu bisa mewabah lagi di Indonesia. Tenaga medis baik di rumah sakit, bandara maupun pelabuhan dilatih untuk bisa menangani kasus Flu Burung. Rumah sakit utama di daerah kini juga sudah memiliki ruang isolasi Flu Burung.

Penyakit-penyakit dasar rakyat seperti Malaria, Demam Berdarah Dengue (DBD), Filariasis (kaki gajah), Frambusia juga terus dicarikan akar permasalahnnya, agar Indonesia bisa mencapai target MDG's. Begitu juga dengan penyakit HIV AIDS dan penyakit-penyakit tidak menular seperti kanker atau penyakit langka GBS mendapat bantuan untuk pengobatan gratis atau dengan subsidi.

Di forum internasional, Endang berhasil membuat angota WHO menyepakati resolusi virus sharing yang diperjuangkan Indonesia sejak 2007. Dalam sidang WHO yang berlangsung 16 Mei 2011 itu, negara-negara anggota WHO telah menetapkan kerangka kerjasama multilateral dalam mekanisme virus sharing, akses pada vaksin dan manfaat lainnya.

Pengabdiannya ke rakyat saat menjadi menteri memang hanya 2,5 tahun. Tapi jauh sebelum menjadi menteri, ia sudah mengabdikan dirinya ke negeri ini yakni mulai saat menjadi dokter di daerah terpencil di Sikka NTT, menjadi ilmuwan dan peduli pada kesehatan masyarakat.

Selamat jalan Menkes Endang!

http://media.vivanews.com/thumbs2/2012/04/18/109157_menkes-kunjungi-korban-bom-mapolresta-cirebon_641_452.jpg

sumber : http://www.klikunic.com/2012/05/selamat-jalan-menkes-obituari-endang.html#ixzz1zWmPz3x1


www.kumpulanmotivasiterbaik.blogspot.com

Label

4 month with u Android Aneka kue Anniversary Quotes antariksa Apple artikel Artikel Umum asal astrologi bahasa inggris bayi Beauty Quotes Beginning Quotes Belief Quotes berita Best Friend Quotes Birthday Quotes Birthday Sayings biru BlackBerry blog tutorial buku Business Quotes Catatan cerpen Change Quotes cinta cirahan hati Clever Quotes Cool Quotes Crush Quotes curahan hati Cute Dating Quotes download Dream Quotes dunia dunia perempuan Education Quotes Entertainment Environment Quotes Environmental Quotes Equality Quotes Experience Quotes Facebook Status Failure Quotes Faith Quotes fakta family Family Quotes fenome fenomena film Flirting Quotes Forgiveness Quotes fotography Free Software Friendship Quotes funny Funny Quotes gadget gak penting gambar unik games Giving Quotes Good Evening Quotes Goodbye Quotes Gossip Government Quotes Handphone Health Health Quotes Heartbreak Quotes hewan holywood Home Quotes Hope Quotes Hot News HP Humor Quotes Ibadah indonesia info Info Bandung info.unik inspirasi Inspirational Quotes internet iseng islam Jealousy Quotes Kata Kata Lucu Kata Mutiara Kata Ucapan keindahan dunia Kekejaman manusia kenzt Kesehatan Kisah Sejati Latin Quotes Leadership Quotes Legenda Life Quotes Liga Champion Loneliness Quotes Love Quotes Lovely Lucu Makanan makhluk asing Management Quotes masakan indonesia Mistake Quotes misteri Mother Quotes Motivational Quotes MotoGP Movie Movies Quotes Moving Quotes Multimedia Music Quotes Musik muslimah Nature Quotes Patriotism Quotes Peace Quotes pendidikan pengetahuan Performance Quotes persahabatan Personal Quotes Positive Quotes psikologi Puisi Quotes About Happiness Quotes and Sayings Quotes SMS Quotes Technology realita remaja Renungan resep masakan rremaja Rumi Quotes Sad Quotes sadis sains sejarah seks selebritis Smile Quotes Space and Astronomy Spring Quotes Success Quotes T-Shirt Quotes Tanaman Obat Telkomsel Thank You Quotes Thoughtful Quotes Time Quotes tips Tips and Tricks Tips and Trik Trik Truth quotes Tutorial Adobe Photoshop ufo unik Valentines Day Quotes virus Wedding Quotes windows Wise Quotes