Rabu, 10 Januari 2007

Sosok Mulia yang Tak Dihormati


Aku mau mencoba menuliskan tentang orang-orang hebat dan sabar. Guru atau dosen. Mereka adalah yang menyerap ilmu sebanyak-banyak untuk kemudian dikeluarkan kembali menjadi persembahan yang bisa diterima murid-muridnya.
Mereka belajar sejak kecil sampai mereka tua. Terus belajar. Baik sekali memang. Belajar tentang bidangnya seumur hidup. Hebat nggak tuh? Bandingkan dengan orang lain, yang kalau disuruh membaca tiap hari pun enggan, pasti bisa gila kalau harus belajar seumur hidup.
Mereka juga sabar. Sabar untuk terus belajar. Sabar untuk menyampaikan. Termasuk sabar dengan sikap dan tingkah murid-muridnya. Subhanallah… Mereka itu luar biasa. Pada menyadari sekaligus menghayati nggak sih? Kalau iya, kenapa kelakukan masih seperti itu? Astagfirullah… dimana hati dan fikir? Kenapa bersikap begitu pada guru atau dosen? Orang yang berjasa dan penting dalam hidup.
Terutama mahasiswa. Yang tak akan bosan bilang, seperti yang dikatakan dosen-dosen, bahwa kita sudah berusia dewasa, harus lebih baik sikapnya. Tetapi apa? Mereka kebanyakan menyepelekan dosen. Saat dosen menerangkan dengan sungguh-sungguh, kita malah ngomong sendiri. Sampe rame. Sama sekali tak mendengarkan. Hanya karena pelajaran itu susah dan dosen ngajarnya nggak tepat alias nggak jelas. Bikin kita males dengerin. Kita nggak nyaman atau merasa percuma mendengarkan. Karena toh nggak nangkep materinya.
Tapi, coba lah untuk melihat sudut pandang yang lain. Dari sisi Pak Dosen. Beliau benar-benar berniat memberi kuliah. Datang tiap jam kuliah. Sangat jarang absen. Hampir selalu tepat waktu. Tidak kah sedikit kita hargai itu? Lalu beliau menjelaskan materi. Ya, walaupun ia hanya membaca slide, tapi beliau terus membaca hingga kuliah berakhir. Tidak kah kita hargai itu? Kemudian beliau juga tak menegur kita saat tak mendengarkan dan malah mengobrol sendiri. Coba pikirkan bagaimana perasaan beliau. Rasakan bagaimana kita diabaikan, tak di dengar di depan, tak dihormati, disepelekan! Atau kita emang udah nggak punya hati yang bersih untuk merasa? Sehingga kita santai saja melakukan perbuatan ini. Perbuatan orang tak tahu balas jasa!
Bahkan tanpa rasa bersalah kita malah menyalahkan hingga menjelek-jelekan dosen itu karena nggak bisa mengajar dengan baik. Ya Allah… ampunilah kami. Melakukan dosa bertumpuk-tumpuk tiap harinya. Bukannya ke kampus untuk beribadah dan mencari ilmu, malah mengumpulkan dosa!
Padahal, jika ditilik kembali, seorang mahasiswa itu lebih banyak belajar sendiri harusnya. Tidak tergantung pada penjelasan dosen. Membaca materi sendiri hingga paham. Kalau tidak paham, bertanya pada dosen atau teman yang lebih mengerti. Sungguh semakin buruk kita sebagai generasi muda…
Okelah kita tergantung pada penjelasan dosen, atau kita tak mengerti dengan kalimat bacaan di slide, tapi apa kita lantas seenaknya menyalahkan dosen dan membenarkan sikap buruk sebagai balasan terhadap penjelasan dosen yang susah dimengerti. Kenapa tidak terus mencoba mendengarkan dengan konsentrasi tinggi? Siapa tahu malah makin sering dengerin, makin sering baca materi, kita jadi paham. Setidaknya jika kita malas dengerin yang malah bikin pusing, kita diam. Menghormati dan menghargai beliau yang berbicara di depan.
Mulai lah dari sekarang kita lebih dewasa. Merubah sikap. Mari, sama-sama kita menghormati orang-orang yang berjasa dalam hidup kita. Apa kita tidak kasihan sih sama Pak Dosen yang selalu kita cuekin, kita sepelekan, kita jelek-jelekan, dan lainnya. Beliau sudah tua bukan? Coba pandang wajah beliau yang jarang marah di kelas. Senyum beliau pada kita, tapi kita tak hormat padanya. Kemudian posisikan diri kita pada posisi beliau. Pasti bakal marah-marah. Karena kita sudah capek-capek ngajar, malah tak diperdulikan.
Lalu jangan pernah berfikir kita yang bayar mereka lewat SPP tiap semester. Sungguh kita terlalu sombong lagi picik. Berfikir sempit dan sok. Jangan lah kita menyakiti mereka, dosen-dosen kita, semakin dalam. Sudah cukup perih hati mereka dengan kerasnya hidup, mencari nafkah untuk keluarganya. Jangan tambahi keperihan mereka karena tingkah laku kita yang buruk pada beliau.
Dan lagi yang paling menyakitkan adalah ketika mereka melihat murid-muridnya di masa datang menjadi orang yang susah atau orang yang sangat buruk. Mereka merasa karena mereka tak bisa didik dan sampaikan ilmu pada kita.
Duhai, guru-guruku, dosen-dosenku, maafkanlah kami, murid-muridmu. Sungguh kami sadar selalu jengkelkan hatimu. Tak sungguh-sungguh menuntut ilmu. Maafkanlah tingkah laku kami yang goreskan luka dihatimu. Jangan berhenti mengajari kami. Karena sungguh, kami memerlukan ilmu dan pengalaman yang Anda dapatkan untuk disampaikan pada kami. Jangan bosan untuk menjadi guru dan dosen, karena pekerjaan itu sungguh mulia.
Bersabarlah duhai guru-guru dan dosen-dosenku… Terima kasih untuk setiap ilmu dan kebaikan yang engkau sampaikan pada kami. Akan selalu kami kenang jasamu. Dan pengorbananmu. Akan sisipkan doa untukmu semua…
Ya Allah, mohon berikan berkah dan kebaikan kepada para guru yang menjadi perantara ilmu pada kami… Semoga menjadi amal jariyah yang tiada putus… Aamiin.


kumpulanmotivasiterbaik.blogspot.com

Label

4 month with u Android Aneka kue Anniversary Quotes antariksa Apple artikel Artikel Umum asal astrologi bahasa inggris bayi Beauty Quotes Beginning Quotes Belief Quotes berita Best Friend Quotes Birthday Quotes Birthday Sayings biru BlackBerry blog tutorial buku Business Quotes Catatan cerpen Change Quotes cinta cirahan hati Clever Quotes Cool Quotes Crush Quotes curahan hati Cute Dating Quotes download Dream Quotes dunia dunia perempuan Education Quotes Entertainment Environment Quotes Environmental Quotes Equality Quotes Experience Quotes Facebook Status Failure Quotes Faith Quotes fakta family Family Quotes fenome fenomena film Flirting Quotes Forgiveness Quotes fotography Free Software Friendship Quotes funny Funny Quotes gadget gak penting gambar unik games Giving Quotes Good Evening Quotes Goodbye Quotes Gossip Government Quotes Handphone Health Health Quotes Heartbreak Quotes hewan holywood Home Quotes Hope Quotes Hot News HP Humor Quotes Ibadah indonesia info Info Bandung info.unik inspirasi Inspirational Quotes internet iseng islam Jealousy Quotes Kata Kata Lucu Kata Mutiara Kata Ucapan keindahan dunia Kekejaman manusia kenzt Kesehatan Kisah Sejati Latin Quotes Leadership Quotes Legenda Life Quotes Liga Champion Loneliness Quotes Love Quotes Lovely Lucu Makanan makhluk asing Management Quotes masakan indonesia Mistake Quotes misteri Mother Quotes Motivational Quotes MotoGP Movie Movies Quotes Moving Quotes Multimedia Music Quotes Musik muslimah Nature Quotes Patriotism Quotes Peace Quotes pendidikan pengetahuan Performance Quotes persahabatan Personal Quotes Positive Quotes psikologi Puisi Quotes About Happiness Quotes and Sayings Quotes SMS Quotes Technology realita remaja Renungan resep masakan rremaja Rumi Quotes Sad Quotes sadis sains sejarah seks selebritis Smile Quotes Space and Astronomy Spring Quotes Success Quotes T-Shirt Quotes Tanaman Obat Telkomsel Thank You Quotes Thoughtful Quotes Time Quotes tips Tips and Tricks Tips and Trik Trik Truth quotes Tutorial Adobe Photoshop ufo unik Valentines Day Quotes virus Wedding Quotes windows Wise Quotes